Jumat, 06 Agustus 2010

KISAH CINTA DAN LAIN - LAIN - Arifin C. Noer



Sinopsis :
Seorang nyonya terlibat perdebatan yang sengit dengan suaminya. Hal ini dikarenakan Toni kesayangannya tengah terbaring sakit dan tidak berdaya. Semua cara telah mereka lakukan. Semua Dokter, Profesor bahkan Dukun sekalipun telah didatangkan khusus untuk kesembuhan Toni.

Nyonya yang begitu mempunyai pengaruh, ningrat dan terkenal dimasyarakat setiap harinya hanya disibukan dengan Toni. Toni adalah seokor anjing yang sudah sangat tua dan kini sakit termakan penyakit dimasa tuanya. Tidak seorangpun bisa mengubah pendirian sang Nyonya pada kecintaan dan keyakinannya akan kesembuhan Toni, bahkan sang suaminnya sendiri (sang Tuan) mati langkah bila dihadapkan pada persoalan tersebut.

Ironisnya sang Tuan yang terlihat begitu peduli pada keadaan Toni, padahal ia sebenarnya kurang mempedulikan keadaan anjing kesayangan sang Nyonya. Akibatnya konflikpun berlanjut, bahkan cek-cok diantara mereka tidak dapat dihindari. “Apa yang terjadi denganmu, kamu sepertinya sudah berubah sekarang, kamu terlihat menyeramkan?” bentak sang Nyonya pada Suaminya. Hingga sang Tuan terdiam dan berkilah akan perubahan yang terjadi pada sikapnya selama ini.

Apa yang mereka perdebatan berakhir teragis dengan matinya Toni sang anjing yang membuat Nyonya dan Tuan begitu bersedih dan terpukul. “ini bagaikan petir disiang hari” begitu yang mereka utarakan. Hingga sang Nyonya pun meminta pada suaminya untuk mengabarkan kesedihan yang mereka alami pada semua orang, bahkan meminta harus mengadakan jumpa Pers. Sebuah pidato khusus pun dipersiapkan oleh sang Tuan demi memenuhi permintaan istrinya tersebut. Orang-orang dan wartawan hadir untuk mengucapkan bela sungkawa pada Nyonya dan Tuan yang telah kehilangan Toni anjing kesayangan.

Semantara itu, disemua sela-sela waktu yang begitu sempit Otong dan Wilem dua orang pembatu yang setiap harinya setia pada sang Nyonya dan Tuan menyempatkan diri untuk menjalin cinta dibalik semua kesedihan dan kegelisah majikannya tersebut. Hingga jalinan kasih diantara keduanya tercipta dengan indah dan penuh guyonan. Otong yang padahal sudah beristri serta mempunyai seorang anak yang masih bayi dan sekarang tengah sakit keras lupa akan keadan yang dihadapi keluarganya. Hal itu dikarenakan kesetiannya pada sang majikan demi melaksanakan segala perintahnya. Suasana berubah kacau ketika seseorang mengabari bahwa putra si Otong telah meningagal serta dengan datangnya seorang gadis yang meminta dinikahi oleh Otong karena kini ia telah hamil muda.

Ditengah kesedihan Nyonya dan Tuan juga orang-orang yang datang, Otong mengambil keputusan untuk menjadikan sang gadis sebagai istri ke duanya dan Wilem istri ketiga. Semua terheran akan tingkah laku Otong yang kini memilkiki tiga perempuan sebagai istrinya. Sementara itu, Nyonya tetap dirundupi duka akan kematian anjing kesayangannya Toni. Semua tidak bisa berbuat apa-apa, hingga tuhanlah yang memiliki kuasa untuk memberikan kita kelahiran, cinta dan kematian.


Lakon
KISAH CINTA DAN LAIN-LAIN
Karya Arifin C. Noer


MEWAH, MUSIK SEBUAH RUANG TENGAH DARI SEBUAH RUMAH YANG SANGAT SEPI. PINTU KAMAR ITU TERTUTUP, RUANG LENGANG
OTONG LEWAT. PINTU KAMAR ITU TERBUKA TUAN MANTO DAN DOKTER X MUNCUL

TUAN
Tak ada jalan lain, dokter?

DR.X (menggeleng)

TUAN
Mungkin ada, mungkin ada dokter lain yang bisa menolong?

DR.X
Hasilnya akan sama. Ini bukan semata penyakitnya yang memang sangat parah, tapi juga usianya yang sudah sangat tua. Dan lagi dia tak punya sedikitpun semangat dan kemampuan untuk hidup.

TUAN
Barangkali saya yang salah. Kami agak terlambat menghubungi barangkali

DR.X
Saya kira tuan dan Nyonya sudah cukup berusaha seperti jua saya. Nah tuan, saya kira sudah waktunya saya pergi. Saya harap tuan dapat menghibur hati Nyonya supaya tabah.

TUAN
Terima kasih dokter

DR.X
Selamat sore tuan

TUAN
Selamat sore

Dr.X DAN TUAN MANTO EXIT.
PINTU TERBUKA NYONYA MUNCUL DALAM TANGIS, TUAN MUNCUL LALU MENGHAMPIRI

TUAN
Sudahlah

NYONYA
Kau harus dapat menyembuhkan. Kau tau saya sangat sayang kepadanya.

TUAN
Apalagi yang harus saya perbuat?

NYONYA
Saya tidak peduli

TUAN
Sudah dua orang dokter

NYONYA
Bila perlu seluruh dokter hewan yang ada. Saya tidak perduli dengan apa yang akan kau perbuat ( diam ). Kau jangan diam saja.

TUAN (meledek).
Apa saya banting saja dia?

NYONYA
Kasarnya (menjerit, menangis) (lalu exit)

TUAN
Maar saya bingung (menghampiri exit)

WEKER MENUNJUKKAN JAM OTONG MEMUTAR JAM ITU LALU EXIT
PINTU TERBUKA, DOKTER Y. MUNCUL LALU EXIT, LALU TUAN DAN NYONYA MUNCUL

NYONYA
dia memang dokter paling bodoh yang ada di Jakarta ini. Kenapa kau panggil dokter pandir itu?

TUAN
Siapa lagi kenalan kita? Professor Marjo?

NYONYA
Ya, orang tua itu pasti bisa menolong nyawanya, apa Nyonya Dia memang dokter paling bodoh yang ada di Jakarta ini. Kenapa kau panggil kau percaya pada mulut dokter swasta tadi? Bahwa umurnya tinggal satu jam

TUAN
Tak tau lah ( exit )

TERDENGAR SUARA TUAN MANTO MENGHUBUNGI PROFESSOR MARJO LEWAT TELEPHON

NYONYA
Willem !

WILLEM (muncul)
ya, Nyonya

NYONYA
Buatkan bubur, sop sudah masak?

WILLEM
Sudah NYONYA.

NYONYA
Dagingnya sudah hancur?

WILLEM
Dagingnya juga sudah, Nyonya

NYONYA
Bawa saja sup itu kekamar dulu. Juga susunya

WILLEM
Saya Nyonya (exit)

TUAN MUNCUL

NYONYA
Bagaimana?

TUAN
Sebentar lagi dia datang

NYONYA
Dia pasti datang

TUAN (memotong dengan keras)
OTONG!

OTONG (muncul)
ya, Tuan.

TUAN
Siapa yang mematikan AC itu?

OTONG
Saya tuan

TUAN
Bangsat!!

NYONYA
Saya yang nyuruh

TUAN
Udara begini panas

NYONYA
Saya tau

TUAN
Lalu kenapa harus dimatikan AC itu?

NYONYA
Saya tidak tau. Tadi saya ingin AC itu mati. Sekarang tidak lagi

TUAN
Hidupkan otong!

OTONG
Saya tuan (exit)

NYONYA
Profesor itu pasti bisa menyembuhkanya.

TUAN
Jangan berharap berlebihan nanti kau terlalu kecewa

WILLEM MUNCUL MEMBAWA SUP DAN SUSU MASUK KEDALAM KAMAR

NYONYA
Saya yakin sekali. Sangat yakin entah apa. Tapi sekarang tidak juga professor itu tidak sanggup menyembuhkanya lebih. Ia berhanti saja memberikan kuliah-kuliah(tiba-tiba). Tuhan apa dosa saya maka kau sakiti hati saya ?

TUAN
Otong!

OTONG (muncul)
ya, tuan

TUAN
Sambut kedatangan Professor Marjo di Muka

SUARA MOBIL FADE IN-STOP

TUAN
itu dia. saya kira, segera.

OTONG
saya tuan (exit)

PINTU TERBUKA WILEM MASUK

WILEM
dia tak mau makan Nyonya

NYONYA
taruh saja makanan itu di sana

WILEM
saya Nyonya

NYONYA
lalu sediakan teruntuk tuan professor

WILEM
saya tuan

WILEM MASUK KE KAMAR PINTU KEMBALI TERTUTUP, OTONG MASUK MEMBAWA TAS.
MASUK KE DALAM KAMAR BERPAPASAN DENGAN WILEM.

TUAN & NYONYA
selamat sore pak professor

PROFESSOR
selamat sore, dimana ?

TUAN
di dalam prof

NYONYA
silakan masuk prof

MEREKA MASUK KEDALAM BERPAPASAN DENGAN OTONG DAN OTONG MENUTUP PINTU.

OTONG
kasihan dia, tapi memang sudah tua

WILEM MUNCUL

OTONG
bagaimana menurut kau ?

WILEM
ndak tahu

OTONG
makin parah ?

WILEM
ndak tahu. Tapi tetap saja saya kira, seperti kemarin, ya gusti orang macam apa
dia ?

OTONG
kenapa kau

WILEM
saya takut Nyonya jadi gila

OTONG
mana mungkin Nyonya jadi gila hanya karena binatang

WILEM
kenapa tidak mungkin ?

OTONG
lumrah orang mencintai anjing kesayangannya

WILEM
memang tapi saya belum pernah melihat laku yang berbeda seperti itu, saya belum pernah melihat Nyonya bertindak mirip seperti orang gila dan sedemikian rupa menjadikan kota Jakarta ini repot karena mencintai anjng kecuali Nyonya saya yang sekarang. Lalu saya menyangka Nyonya pantao adalah majikansaya yang paling kranjingan oleh anjingnya tapi rupanya tidak.ada Nyonya laen yang melebihi.
Kau lihat sendiri sejak kemarin rumah ini begitu sibuk hanya disebabkan anjing

OTONG
sementara tak sepicing pun mata memperhatikan ketika kau kena malaria begitu ?

WILEM
bukan. Saya hanya kuatir Nyonya jadi tidak beres. Saya yakin sebentar lagi seluruh Jakarta akan sibuk hanya karena anjing itu. Memang Nyonya kita ini Nyonya seorang pemuka yang amat terkenal. Yang amat berpengaruh, seorang pengarang besar, seorang wartawan besar, seorang pemimpin partai, pendeknya seorang sangat berwibawa. Bahkan ia adalah seorang jutawan dengan perusahaan- perusahaan dagangnya yang besar- besar. Tapi saya sampai tak habis piker, bahkan ketika saya belajar dibangku SKKA dulu di solo, saya belum pernah membaca cerita seperti ini, sungguh ajaib bahwa kesibukan ini hanya disebabkan yang sudah sangat tua dengan moncongnya yang sang minjijikan.

OTONG
Nyonya saya yang dulu Nyonya frita selalu tidur dengan anjingnya setip malam.

WILEM
Gila , suaminya ??

OTONG
seperti biasa selalu tidur dikamar kerjanya

PINTU TERBUKA , PROPESOR MUNCUL, KERAS BERFIKIR,,, LALU TUAN DAN NYONYA

TUAN
fatal, prof..?

NYONYA
bagaimana prof ? (tidak ada jawaban) masih ada harapan bukan.?

PROFESSOR
selalu saya bekata begitu , tetapi yang sering terjadi selalu yang sebaliknya (terbangun dari renunganya) ya, kenapa tidak? Masih ,selalu- selalu . kenapa?

NYONYA
kalau begitu tuan dapat menyembuhkannya bukan?

PROFESSOR
saya kira saya tidak . tapi pantang buat saya mengatakan fatal terhadap setiap pasien saya. Ya, setidak-tidaknya begitulah , setidak-tidaknya kita harus mempercayai harapan. Ya,,barangkali kita sendiri cemas sangat cemas itu sudah wajar.Tuan dan Nyonya harus percaya bahwa……………. Anjing itu akan sembuh. Seprti saya juga harus percaya penyakit istri saya yang hamper selama usianya ini akan hilang. Tapi juga saya harus jujur bahwa saya tidak mampu mengobatinya . jangan cemas tabahnyonya tahu bahwa herder saya baru saja melahirkan ? anjing kecil yang mungil itu akan saya bawa kemari NYONYA tentu sangat suka.

TUAN
artinya prof ??

PROFESSOR
artinya kalau tuan dan Nyonya percaya kepada tuhan lebih baek semuanya dipasrahkan pada-Nya . jelas sudah bahwa dia dapat berbuat apa saja. Sembuh mungkin ?tidk sembuh mungkin ..saya kira ini kata-kata yang paling tepat (kepada tuan) tuan harus pandai-pandai menghibur hatinya. Dia mencintai anjingnya itu seperti mencintai paru-paru kita. Lumrah ..ini bukan peristiwa yang aneh adalah sangat lumrah, kalau tuan menganggapnya aneh itu hanya menandakan bahwa tuan belum memahami dengan baik apa itu cinta .(ketawa) saya pernah membunuh (ketawa) Nyonya yang manis , besok pagi herder saya kecil akan bertamu kemari agar Nyonya dapat memulai percintaan yang baru (exit)

TUAN
otong

OTONG (muncul)
ya , tuan

TUAN
antarkan professor marjo

OTONG
saya tuan (exit)

TUAN
lebih baik kamu mandi dulu (istrinya diam) paling tidak mau istirahat

NYONYA
aku tidak capek tidak lelah aku hanya ingin kesembuhan tony

TUAN
tentu, tentu. Tapi tudurlah kau.

NYONYA
kenapa, coba kenapa?

TUAN
sayang, kau harus

NYONYA
kau selalu tidak peduli. Selalu. Aku memang tidak mungkin melahirkan anak tapi tidak perlu kau selalu cemberut dan kesal begitu.

OTONG (muncul)
pak dukun sudah datang tuan?

TUAN
siapa?

OTONG
pak dukun dari kampung melayu

NYONYA
bawa masuk, bawa masuk.

TUAN
kenapa pula kau?

NYONYA
kalau perlu dukun sulap dipanggil asal dapat menyembuhkan tony sayang(pada otong). Bawa masuk dia. Beri makan dulu, atau tidak, tidak usah. Nanti saja kalau sudah pasti dan dapat menyembuhkan tony

OTONG
saya Nyonya (exit)

NYONYA
wilem

WILEM (muncul)
ya, Nyonya.

NYONYA
dupa

WILEM
baik Nyonya

NYONYA
kembang-kembang jangan lupa

WILEM
semuanya sudah siap, Nyonya

NYONYA
segera bawa kemari

WILEM
saya Nyonya (exit)

MUNCUL OTONG DAN DUKUN.
SELAMA ADEGAN INI TUAN MUNDAR-MANDIR

DUKUN
selamat malam Nyonya.

NYONYA
selamat malam. Pasti sembuh bukan?

DUKUK
Allahua’lam bissawab. Tuhan yang tau. Saya ini Cuma perantara dan bersifat coba-coba.

NYONYA
silahkan

DUKUN
dimana yang sakit Nyonya?

NYONYA
didalam masuklah

DUKUN
anak Nyonya?

NYONYA
anjing saya, tapi sama saja. Masuklah

DUKUN
anjing?

NYONYA
ya, kenapa?

DUKUN
maaf saya belum bisa

NYONYA
lalu ?

DUKUN
Baik, saya coba ?

DUKUN DAN NYONYA MASUK KAMAR LALU MUNCUL KEMBALI.

DUKUN
Lebih baik diluar saja Nyonya.

NYONYA
kenapa ?

DUKUN
perasaan saya mengatakan yang menunggu ada diruangan ini.

NYONYA
siapa?

DUKUN
yang menunggu, eh maksud saya itu yang mengganggu, itu makhluk, eh…

NYONYA
Saya mengerti

WILEM MUNCUL MEMBAWA DUPA DAN KEMBANG DALAM STOPLES

DUKUN
Jangan diatas meja. Di bawah.

NYONYA
jendela perlu dibuka

DUKUN
Tidak, tidak perlu

NYONYA
Jangan ada suara ?

DUKUN
sebaiknya begitu

NYONYA
semuaya tenang

DUKUN
Terlebih dahulu, Nyonya, maafkan saya, saya ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada Nyonya, saya harap Nyonya

NYONYA
baik

DUKUN
Selama ini ada musuh Nyonya ?

NYONYA
Musuh ?

DUKUN
maksud saya, eh yang tidak suka pada Nyonya

NYONYA
O, banyak, tapi umumnya mereka tidak mengganggu

DUKUN
Atau yang benci kepada anjing itu ?

NYONYA
tidak, tidak ada semua orang sangat menyukainya berapa ornag NYONYA ingin memilikinya. Oh, saya tentu saja tidak memberikannya pada NYONYA-NYONYA itu. Tidak setiap orang bisa meladeninya.

DUKUN
terima kasih Nyonya, permisi.

DUKUN MULAI BEKERJA

NYONYA
jangan ada suara. Kalau mau batuk pergi dari sini.

DUKUN
ma’af, Nyonya, saya sedang mulai

NYONYA
permisi

DUKUN MULAI BEKERJA KEMBALI DI DEPAN ASAP DUPA IA BERKOMAT-KAMIT

DUKUN (ngedan)
disini?-disana?-disini?-kenapa? Saya mohon-(terpukul) ma’af-saya-kasar ma’af saya mohon ma’af-dimana saja, (dukun menjerit, setelah menjerit ia terpelanting dukun jatuh seperti pingsan)

NYONYA
Kenapa dia? Otong, wilem, ambil the!

DUKUN
tidak usah Nyonya. Saya tidak apa-apa. Memang luar sini

NYONYA
bagaimana pak dukun?

DUKUN
ma’af, biarlah saya istirahat dulu

NYONYA
silahkan, oh, saya gugup sekali

TERDENGAR SUARA ANJING

NYONYA
ia bersuara

OTONG
Bukan Nyonya, itu suara si bima anjing tuan broto

NYONYA
bagaimanapun saya harap ia akan bisa bersuara. Bagaimana pak dukun?

DUKUN (berat)
menyesal sekali Nyonya, saya harus mengatakan bahwa musuh saya tidak sepadan dengan saya. Ia luar biasa kuatnya bukan saja badan tapi rohnya. Dan saya sangat menyesal sekali harus mengatakan kepada Nyonya bahwa Nyonya rupanya mempunyai saingan yang sangat kuat.

NYONYA
maksud bapak?

DUKUN
Nyonya mencintai anjing itu bukan?

NYONYA
saya mencintai tony seperti saya mencintai hidup saya sendiri.

DUKUN
anjing maksud saya Nyonya

NYONYA
ya,

DUKUN
Nyonya mencintainya?

NYONYA
dia bahkan berhak minta apa saja kepada saya

DUKUN
dan sebaliknya

NYONYA
dia pun mencintai saya seperti dia mencintai keanggunannya sebagai bulldog

DUKUN
tapi Nyonya yoh bisa mengetahui bahwa selama beberapa hari ini anjing itu telah jatuh hati kepada yang lain

NYONYA
siapa? Nyonya situmorang? Mana mungkin.

DUKUN
bukan, Nyonya. Maksud saya makluk lain yang ghaib.

NYONYA
tidak mungkin. Tony tak akan mungkin bisa mencintai siapapun kecuali saya. Dia tak akan mulupakan bagaimana suatu malam hujan ia saya pungut dari pekarangan. Seekor anjing yang kecil, kehujanan, sendirian dan lapar. Tidak. Tidak mungkin.

DUKUN
ma’af NYONYA. Tapi bagaimanapun juga seperti apa yang saya katakana tadi saingan NYONYA sangat berat. Ia yang ghaib itu ketat memeluknya dan tak hendak mau melepaskanya. Saya sendiri telah berusaha merenggutnya tapi dia sangat kuat dan bahkan ia dengan kakinya sebesar kaki gajah menendang saya.

NYONYA
bangsat ( menangis)

PAUZE

NYONYA
jadi bapak juga

DUKUN
ma’af Nyonya, saya sudah berusaha, berichtiar sekuat tenaga saya, semampu ilmu yang saya punyai namun Tuhan mempunyai kemauan yang bertentangan dengan saya dan karena saya Cuma manusia maka saya harus menerima apa saja akhir lakon yang dikehendakiNya.

NYONYA
Tak ada yang bisa menolong saya

DUKUN
hanya Tuhan yang punya wewenang Nyonya.

NYONYA MENJATUHKAN DIRI KEATAS SOFA DAN MENANGIS, TUAN MENGHAMPIRINYA, LALU TUAN MENGHAMPIRI DUKUN DAN MENYERAHKAN BEBERAPA LEMBAR UANGOTONG MENGANTAR DUKUN EXIT

TUAN
wilem, bawa masuk barang-barang itu.

WILEM MEMBAWA MASUK DUPA DLL, NYONYA TIBA-TIBA MASUK KEKAMAR DAN LALU KELUAR LAGI

NYONYA
wilem

WILEM (muncul)
saya Nyonya

NYONYA
otong

OTONG (muncul)
saya Nyonya

NYONYA
pap

TUAN
Ya, sayang

NYONYA
benar seperti kata pak dukun tadi, satu-satunya jalan yang ada hanyalah kita mohon kepada Tuhan untuk kesembuhan tony (kepada otong) otong

OTONG
saya Nyonya

NYONYA
wilem

WILEM
saya Nyonya

NYONYA
masing-masing dengan cara agamanya. Kita semua sekarang harus berdo’a untuk kesembuhan tony. Kita mulai pap

UPACARA BERDO’A DIMUALAI. BEBERAPA SAAT KEMUDIAN TERDENGAR MUSIK MISTERIUS DAN SUARA ANJING

NYONYA
dia mulai bersuara

WILEM
itu suara sibimo, anjing tuan broto, Nyonya

NYONYA
gila kamu, bagaimana mungkin saya tidak dapat membedakan suara anjing saya
dengan anjing orang lain

TERDEGAR LAGI SUARA ANJING

NYONYA
dia bersuara lagi. Makin semangatlah kalian berdo’a. Tuhan mulai mendengar
do’a kita. Tuhan memang maha adil

TUAN
sayang

NYONYA
kau harus berdo’a juga pap. Lebih dari biasanya

TERDENGAR LAGI SUARA ANJING

NYONYA ( berbisik )
tony sayang. ( berdo’a ) Tuhan, Tuhan, Tuhan, jangan tinggalkan
saya. Tuhan dengan apa saya harus laksanakan persembahan saya kepada Mu agar lahir cahaya rahmatMu bagi kesembuhan tony-Tuhan-Tuhan-Tuhan jangan tinggalkan saya, saya tidak mau kesepian lagi.

TERDENGAR LAGI SUARA ANJING DAN MAKIN JELAS

NYONYA (meledek)
dia bangun

TUAN
sayang

NYONYA
ada apa pap. Rupanya sejak tadi kau tidak berdo’a. kau kejam pap. Kau tidak
punya rasa kasihan. Kau tidak punya rasa peri kemanusiaan. Rupanya

TUAN
mam, kau jangan salah faham

NYONYA
kau sungguh-sungguh kejam.apa beratnya permintaan ini.

TUAN
sayang,sekali lagi saya bilang kau jangan salah terima.terus terang saya tidak
tega melihat kau semakin berduka.wajahmu begitu kusut hanya karena memikirkan tiny

NYONYA
hanya karena?kau anggap tony itu apa?oo, kau sungguh-sungguh
kejam.sungguh-sungguh kau tak punya hati.ya tuhan ampuni dia.apa yang menyebabkan dadaku dingin seprti baja itu?saya sungguh tidak percaya kau akan bisa berubah seperti ini.dua puluh tahun yang lalu aku selalu membayangkan kau seorang lelaki yang paling romantic.tuhan saya mersa betul-betuk kehilngan.dimana kau?lelaki yang romantic itu,lelaki yang hangat itu kemana pap?semakin jauh rasanya jarak antara saya dan lelaki itu.dan selam dua puluh tahun jarak itu semakn lebar,dan setiap kusadari semakin menganga,mengerikan bagai mulut seekor
harimau.(dengan nada lain),wilem kau harus selalu berdoa juga kau otong

OT DAN WI
ya,NYONYA

NYONYA
sudahlah,sudahlah habis waktu kita.apa kau bilang tadi?hanya karena kau
anggao tony itu apa?kau sungguh-sungguh robot.kau sungguh-sungguh batu.kau sungguh-sungguh berubah.hanya karena?kau anggapa apa dia?apa kau tak pernah berpikir bahwa tony juga punya rasa sakit? Punya nyawa? Kalau kau pernah memandang matanya kau tak akan pernah tega mengucapakna kalimat sekasar itu.dan dimana pula rasa keimananmu?jangan gegabah ,pap.bahkan mawarpun punya jiwa.

TERINGAT LAGI SUARA ANJING, MUSIK MISTERIUS

NYONYA
dia mulai menangis lagi. Ayolah kau berdo’a pap.

TERDENGAR LAGI SUARA ANJING

NYONYA
dia tertawa lagi sekarang. Tuhan tolonglah kami, tolonglah kami kalaupun ada
dosa yang melekat kapada kami janganlah kau menghukum tony. Tuhan tony begitu bersih dan setia. Tony begitu begitu setia, begitu bersih. Tuhan tolonglah kami. Amin.Amin. Amin. Maha besar Kau Tuhan. Maha penyembuh Kau Tuhan. Kalau kau tak menolong siapa pula yang akan menolong.
Tuhan saya begitu mencintai tony dan saya tak dapat berbuat lain kecuali mencintai tony. Tuhan. Tuhan. Tuhan

TERDENGAR MUSIK YANG MAKIN MEMUNCAK DAN SUARA ANJING PUN MAKIN MEMUNCAK

NYONYA
makin keras suaranya. Makin keras serunya. Tuhan.

NYONYA BERGEGAS MASUK KEKAMAR TUAN LALU PINTU KEMUDIAN DITUTUP OTONG DAN WILEM TETAP DALAM DO’A

OTONG (setelah agak lam)
kau nampaknya tidak sungguh-sungguh berdo’a.

WILEM
ngapain?

OTONG
kelihatan pada matamu. Seperti kucing.

WILEM
memangnya saya mesti berdo’a untuk binatang itu? Kamu bagaimana?

OTONG
saya berdo’a . sungguh-sungguh berdo’a.

WILEM
ngapai?

OTONG
nggak tau. Tapi saya sungguh-sungguh. Barangkali saja terkabul/nggak taulah. Tapi saya kita belum pernah saya begitu khusyuk berdo’a selama ini kecuali tadi nggak taulah

WILEM
ya, semula saya juga ingin berdo’a sungguh-sungguh tapi aku selalu terganggu setiap kali

OTONG
kenapa?

WILEM
moncongnya yang ngece itu selalu membayang

OTONG
ngomong-ngomong bagaimana dengan pacarmu?

WILEM (genit)
ah, Tanya itu lagi

PINTU TERBUKA DAN MUKA NYONYA NONGOL

NYONYA
ngapain kalian? Berdo’a, anjing?

WILEM (Setelah agak lama)
kamu sungguh-sungguh?

OTONG
Sssst

WILEM (setelah agak lama)
matamu sekarang seperti kucing

OTONG
diam tidak, ntar saya cium lagi seperti tempo hari

WILEM (genit)
ah

OTONG (setelah agak lama)
he, bagaimana pacarmu?

WILEM
ngapain ah.

OTONG
alah, pura-pura kayak perawan saja.

WILEM
memangnya saya janda?

OTONG
lho jangan marah. Maksud saya kenapa kau malu setiap kali saya Tanya begitu

WILEM
kamu kadang-kadang menyakitkan

OTONG
kadang-kadang tidak, ingat tidak. Ayo dulu, ingat tidak di dalam mobil? Di garasi? Ingat tidak? Digudang kau kehilangan peniti? Ayo pura-pura.

WILEM
kamu nakal

OTONG
kamu mau

WILEM
ah (diam) kamu tidak kasihan sama binimu?

OTONG
kamu juga

WILEM
Ah

OTONG (tiba-tiba)
astaga

WILEM
ada apa?

OTONG
saya baru ingat sekarang. Astaga

WILEM
apa?

OTONG
anak saya

WILEM
kenapa?

OTONG
astaga, saya baru ingat lagi sekarang

WILEM
yang mana? Eh kenapa?


OTONG
sakit

WILEM
yang mana?

OTONG
yang terkecil. Yang bayi

WILEM
apa sakitnya?

OTONG
mulai tadi pagi kejang

WILEM
kenapa kamu tidak minta izin pulang siang tadi?

OTONG
tidak diizinkan

WILEM
kenapa tidak memaksa saja?

OTONG
akibatnya?

WILEM
iya, ya

OTONG
saya bisa saja memaksa atau minggat sebentar tapi kalau Nyonya cari bisa
berabe. Kalau saya sampai dikeluarkan dan rumah ini apa yang akan terjadi saya tidak bisa bayangkan. Anak saya bukan dia seorang empat

PAUZE


WILEM
terlalu dia

OTONG
alah sudahlah

WILEM
kau bilang lagi saja sekarang

OTONG
nanti saya coba

WILEM
sudah dibawa kedokter?

OTONG
keklinik maksudmu?

WILEM
iya

OTONG
sudah saya kira. Istri saya yang bawa. Untung masih ada uang sisa. Tapi di……..tidak mahal!

WILEM
tapi kamu harus cepat pulang sekarang

OTONG
ya, tapi Nyonya menghendaki hari ini saya sampai malam. Nglembur katanya. Sewaktu-waktu mobil diperlukan

WILEM
tapi saya kira, kamu harus pulang sekarang. Kasihan anak itu, kamu harus minta ijin dulu sekarang

OTONG
tapi apa kata Nyonya?

WILEM
alah coba saja dulu

OTONG (setelah diam) (lalu mengetuk pintu)

TUAN (nongol)
ada apa?

OTONG
begini tuan, saya lebih dulu minta ma’af, karena saya harus minta izin pulang berhubung anak saya yang masih bayi sakit keras.

TUAN
tapi betul?

OTONG
buat apa saya bohong tuan?. Saya kira selama tiga tahun saya bekerja disini saya tidak pernah rewel. Setiap waktu tuan dan Nyonya bisa mempergunakan tenaga saya.

WILEM
bayinya kejang-kejang tuan

WILEM
bayinya kejang-kejang tuan

TUAN
sekarang jam berapa? (melihat arloji) baiklah. Tapi kalau ternyata anakmu sudah sembuh sebaiknya kau kembali lagi kesini. Sewaktu-waktu mobil dibutuhkan.

NYONYA (nongol)
kau jangan sembarangan, pap. Sewaktu-waktu mobil diperlukan setiap saat mobil harus siaga. Kau sudah tua tidak mungkin kau sempurna mengemudikan mobil itu.

NYONYA MASUK DIIRINGI TUAN DAN PINTU DI TUTUP.

OTONG
saya juga yang salah. Dulu saya pernah bohong

TIBA-TIBA MUSIK MENGEJUT TERDENGAR SUARA ANJING BERTENGKAR. SETELAH SUARA-SUARA ITU TERDENGAR SUARA NYONYA MENANGIS KERAS

OTONG
Ada apa?

WILEM
saya kira mati anjing itu

OTONG
kamu kira begitu?

WILEM
apa lagi?

OTONG
kalau benar tony mati, kasihan tony. Saya sendiri terus-terang suka pada anjing itu. Dia memang sudah tua sekali. Saya juga kasihan kepada Nyonya.

WILEM
saya juga kasihan

OTONG
sayang tony bukan betina. Kalau betina setidak-tidaknya bisa melahirkan anak dan itu agak dapat menghibur hati Nyonya

DARI DALAM TERDENGAR SUARA NYONYA MENANGIS

TUAN (dari dalam)
diamlah sayang

SEJENAK KEMUDIAN PINTU TERBUKA NYONYA MENANGIS DAN TUAN MEMBUJUKNYONYA TERUS MENANGIS DAN DUDUK DIATAS SOFA

OTONG
tuan , toni

TUAN HANYA MENGANGGUK

TUAN (menghampiri Nyonya )
kalau terus menangis bgitu tak baik untuk tony. Kau tadi
menasehati papi supaya beriman sempurna.nah, diam sayang ,. Sebagai orang yang soleh kau harus iklas terhadap segala kejadian. Tuhan kini tlah mengucapkan firmannya ,.nah, kau harus menurut segala perintahnya , kau harus relakan tony.

NYONYA TETAP MENANGIS DAN PERGI KEKURSI. DAN TUAN MENGHAMPIRI

TUAN
diamlah sayang (diam) sayang (diam) diam sayang

NYONYA (dalam tangis)
tony

TUAN
E ,, kau lupa kata profesor sumarjo. Besok herder kecilnya akan bertamu kemari. Beliau akan menawarkan anjing kecil itu agar dapat menggantikan tony

NYONYA
saya mau diam tapi kau harus melakukan permintaanku

TUAN
apa saja, apa saja asal kau mau diam.

NYONYA
betul ??

TUAN
asal kau diam sayang

NYONYA
tapi kau mau berjanji akan meluluskan apa saja pintaku?

TUAN
Tidak ada alasan untuk tidak mengabulkan segal permintaanmu.

NYONYA
Saya sudah diam sekrang, kau harus melakukan apa saja yang kukatkan (suaminya mengangguk) pertama kau harus mengabarkan kemalangan kita ini kepada tetangga-tetangga dan beberapa kenalan kita jangan lupa undang beberapa wrtawan malam ini.

TUAN
Tapi sayang

NYONYA
Kedua kau harus mengucapkan pidato pada waktu mereka dtang dan wktu upacara penguburan

TUAN
Tapi sayang, itu semua

NYONYA
Akan menjadikan suatu lelucon, begitu? Dan kau anggap apa Tony?

TUAN
Seekor anjing apa lgi?

NYONYA
Lalu kau buang saja ia sperti kaleng susu? Kejam kau! Tidak kau harus belajar
menghormati seluruh makhluk hidup. Atau kau mengharap aku bunuh diri ?

TUAN (berseru) Otong !

MAKALAH MUNCUL OTONG

TUAN (berseru wilem)

MAKALAH MUNCUL WILEM

TUAN
Segera kabarkan kepada tetangga-tetangga kemalangan ini jangan lupa Nyonya Linda

WILEM
Baik, tuan

TUAN
Otong segera susul beberarapa wartawan kenalan kita. Jangan lupa mengisi bensin.

OTONG
Saya Tuan. Sekarang tuan?

NYONYA
Apa kau kira lusa ?

OTONG
Saya NYONYA

OTONG
saya berangkat tuan (exit)

WILEM
saya berangkat tuan (exit)

SEJAK ITU TUAN JADI LAIN, TERDENGARLAH SUARA DERU MOBIL PERGI

NYONYA
kenapa kau tiba-tiba berubah? (suaminya diam saja) kau jadi (suaminya tetap diam) pap., (tak ada jawaban) pap

TUAN
ada apa?

NYONYA
kenapa kau?

TUAN
kenapa bagaimana?

NYONYA
kau diam saja tadi? Agak aneh

TUAN
saya sedang menyusun pidato nanti

NYONYA
betul?

TUAN
kenapa? Kau anggap tony itu apa?

NYONYA
betul? Kau sedang menyusun pidato?

TUAN
nah, saya telah mendapatkan kalimat yang pertamatuan-tuan dan Nyonya-Nyonya yang kami muliakan. Pertama kami menyampaikan rasa terimakasih kami yang luar biasa atas kehadiran tuan-tuan dan Nyonya-Nyonya yang telah dengan rela membuang waktu untuk hadir disini menyaksikan peristiwa yang sangat bersejarah dalam keluarga kami yaitu wafatnya tony sayang anjing kami yang tercinta

NYONYA (bertepuk)
bagus sekali. Bagus sekali. Terusnya pap. Terusnya

TUAN
tuan-tuan dan Nyonya-Nyonya hanya ada dua peristiwa yang paling penting dalam sejarah hidup kita yaitu kelahiran dan kematian(menangis) tuan-tuan dan Nyonya-
Nyonya ia adalah tony adalah seekor anjing…..(menangis)

NYONYA (menangis)
mengharukan sekali, pap. Mengharukan sekali, terusnya pap terusnya

TUAN
sekalipun demikian (menangis) sekalipun demikian………..ia adalah………..ia adalah………..mengharukan…….(menangis)

NYONYA
terusnya, pap………terusnya………terusnya……..

TUAN
istri saya……… istri saya……….sedemikian mencintainya………. Sehingga peristiwa
ini merupakan petir di siang hari

NYONYA (menangis)
tony….. tony…….

NYONYA
betul-betul petir, pap

WILLEM BERSAMA NYONYA A MUNCUL KEMUDIAN BEBERAPA TAMU LAINYA

WILEM
Nyonya broto, Nyonya…………

NYONYA A
jadi tony……….(menangis dan keduanya berpelukan)

TUAN B
ikut berduka cita tuan

TUAN C
Ikut berduka cita tuan atas meninggalnya anjing tuan

TUAN
terimakasih…….terimakasih

PEREMPUAN MUNCUL

PEREMPUAN
saya mencari otong, Nyonya (yang lainya tak peduli) Dia janji mau mengawini saya. (tetap yang lainya tak peduli) kalau bayi ini lahir, saya taruh dimana?

NYONYA YANG LAIN TERUS BERTANGISAN DAN MENGOBROL
SEMUANYA MENANGIS

NYONYA
anjing itu memang….(menangis)

OTONG DAN WARTAWAN MUNCUL

OTONG
cuma tuan alex, tuan. Wartawan-wartawan yang lain sedang mengunjungi upacara
kematian anjing yang lain

WARTAWAN
ikut berduka cita tuan

NYONYA
tuan alex, jangan lupa menyebutkan dalam Koran bahwa tony pernah kencing di sepatu saya. Dan tuan tau apa yang terjadi pada diri saya waktu itu. Saya bahagia sekali bahwa ada juga yang mengencingi sepatu saya.

PEREMPUAN
Kang otong……….!

OTONG
kenapa kau kemari?

KEDUANYA OUT OF FRAME

TUAN D
NYONYA saya tidak menyangka…….

TUAN E
kejadian yang tak terduga-duga Nyonya…….

NYONYA
saya sendiri tidak menyangka bahwa suami saya yang terakhir ini akan secepat ini meninggalkan saya……….(menangis parah)

NYONYA A
tabahkan hati Nyonya. Semoga tony mendapat tempat yang layak di akherat

SEMUANYA
Amin

NYONYA
suami saya yang masih hidup , sejak dua puluh tahun hanya ribut dengan cita-
citanya…..(menangis) setiap pagi, setiap saya bangun setelah malamnya tidur dengan berbagai mimpi buruk……… setiap pagi saya hanya menjumpai tony dan tony, tony yang lain, seperti biasa dengan setia rebah di kaki sayatuan alex dia juga suka menjilat-jilat betis saya dan sekarang…… tony…… tony….

SEMUANYA MEMBUJUR

SEORANG PEMUDA MUNCUL

PEMUDA
saya mencari otong. Dimana otong. Anaknya meninggal

NYONYA A
anjing itu lucu sekali

NYONYA B
tidak Cuma lucu……….

SEMUANYA MENGOMENTARI. KEMUDIAN MUNCUL PROFESOR MARJO

PROFESOR
nah, Nyonya sekarang Nyonya harus merelakan semuanya. Tapi jangan khawatir, besok pagi herder saya akan segera bertamu kamari

PEMUDA
saya mencari otong. Anaknya meninggal

PROFESOR
tuan saya ikut bela sungkawa

NYONYA
sekarang kau harus pidato, pap, pidato.

TUAN
tuan-tuan dan Nyonya-Nyonya yang kami muliakan betapa terimakasih kami atas hadiran tuan-tuan dan Nyonya-Nyonya untuk memberikan penghormatan kepada…….., kepada………… yang tercinta………. Tony anjing kami, yang telah………(menangis) semua ini bagai……..

NYONYA
petir di siang hari, pap

TUAN
ya, petir disiang hari…….(menangis)

NYONYA
dia betul-betul terharu…..singkat saja, pap. Lanjutkan sebelum kau pingsan

TUAN
singkatnya dengan ini kami mengharapkan kehadiran tuan-tuan dan Nyonya-Nyonya besok pada upacara penguburan tony sayang di kebun……

SEMUA ORANG MENYAMPAIKAN RASA DAN CITANYA SAMBIL BERJABAT TANGAN DAN MENINGGALKAN RUMAH ITU, SEMENTARA ITU

PEMUDA
saya mencari kang otong. Anaknya meninggal sore tadi

NYONYA A
tabahkan hati Nyonya

NYONYA
terimakasih tetapi siapa yang akan saya jumpai kalau besok saya bangun pagi?

NYONYA
NYONYA…..(mereka berpelukan)

PEMUDA
saya mencari otong……. Di mana otong………OTONG. Anakmu meninggal…………(lempu perlahan-lahan meredup)

MEREKA BERPELUKANLAH, SEJENAK KEMUDIAN TURUNKANLAH TAKBIR ATAU LAMPU GELAP-GELAP YANG INI BERARTI SANDIWARA INI TELAH SELESAI SUDAH SAMA SEKALI

*****SELESAI*****

2 komentar:

  1. AGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia
    Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    sbobet online
    casino online
    tembak ikan
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  2. Bener banget, thanks ya

    Bagi yang memiliki online shop dan ingin membuat website toko online lengkap, desain menarik, gratis penyebaran, SEO, Backlink, agar usaha nya mudah ditemukan banyak pembeli di internet, sehingga bisa meningkatkan penjualan, klik ya.. Jasa Pembuatan Website Toko Online Murah

    Pusat Penjualan Hijab Jilbab Kerudung Terbaru harga termurah di Indonsia : Grosir Jilbab Murah di Indonesia.

    BalasHapus