Jumat, 06 Agustus 2010

ANDE - ANDE LUMUT

Lakon Remaja
ANDE-
ANDE LUMUT



PANGGUNG KOSONG TERLIHAT DEKORASI DENGAN NUANSA PEDESAAN. TERDENGAR MUSIK GENDING JAWA. MBOK MENAH MASUK DENGAN MEMBAWA TAMPAH BERISI BERAS, KEMUDIAN MEMPERKENALKAN DIRI KEPADA PENONTON.

MBOK MENAH
Para penonton, perkenalkan nama saya Mbok Menah. Saya ini, simboknya para klenting. Perlu saudara-saudara ketahui bahwa saya sangat bangga mempunyai anak yang cantik-cantik, pinter-pinter, sehat-sehat, berbakti pada orang tua, penurut lagi. Pokoknya tidak ada yang menandingi mereka di seluruh desa ini. Sudah banyak para pemuda desa yang melamar mereka. Eh, sudah ya penonton, saya permisi mau masak dulu. Soalnya anak-anak saya belum sarapan.

KEMUDIAN MBOK MENAH KELUAR PANGGUNG. TERDENGAR MUSIK BERIRAMA KERAS, MENGIRINGI MASUKNYA PARA KLENTING. KEMUDIAN MEREKA MEMPERKENALKAN DIRI.

K.ABANG
Assalamu’alaikum…para penonton…perkenalkan…kami adalah para klenting anak Mbok Menah. Nama saya Klenting Abang, saya ini yang tertua lho…!

K.IJO
Nama saya Klenting Ijo.

K.BIRU
Kalau saya Klenting Biru.

K.UNGU
Kalau saya Klenting Ungu

K.ABANG
Para penonton, kami ini sangaaat menyayangi si mbuk kami. Karena si mbok kami itu memberikan kebebasan buat kami. Itu artinya simbok kami mempercayai kami. Betul’kan adik-adikku?

K.IJO
Benar sekali penonton! Kami-kami ini ‘kan masih muda. Usia muda harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, hidup Cuma satu kali jangan disia-siakan … hi … hi …hi …

K.ABANG
Eh,adik-adikku!sudah, ayo kita masuk, kitaharus membantu simbok masak!ayo!

KLENTING-KLENTING AKAN KELUAR PANGGUNG, TETAPI TIBA-TIBA DATANG KLENTING KUNING.

K.KUNING
Permisi…permisi…kolonuwun…spada…

KLENTING-KLENTING BERBALIK ARAH MENUJU KLENTING KUNING. KLENTING ABANG MENDEKATI KLENTING KUNING.

K.ABANG
Ada apa, mau ketemu siapa?

K.KUNING
Saya…saya…saya ini pengembara yang tidak memiliki rumah. Saya juga tidak punya orang tua. Saya memohon jadikanlah saya saudara kalian…please…

K.IJO
Apa? Mau numpang disini?sorry! sudah nggak ada tempat.

K.UNGU
Iya! Lebih baik kamu cari tempat lain saja! Disini tempatnya sudah penuh! Ayo pergi sana !

K.KUNING
Please… saya mohon… saya mau disuruh apa saja deh… please…

K.ABANG
Plas plis plas plis!ngomongnya saja aneh-aneh sudah sana pergi saja! Nggak level!

TETAPI KLENTING KUNING TETAP MEMAKSA SAMPAI TERJADI KERIBUTAN. MBOK MENAH DATANG DARI ARAH DALAM.

MBOK MENAH
Anak-anaku…ada apa toh ini, kedengarannya ribut-ribut!ada apa?(Kemudian Mbok Menah menghampiri Klenting Kuning)
Lho… siapa ini? Cantik sekali kamu nduk…?

K.KUNING
Mbok…saya ini seorang penggembara…saya tidak punya orang tua tidak punya rumah…saya hidup sebatang kara…jadi tolonglah mbok, saya ingin menjadi keluarga disini, please……

MBOK MENAH
Plis…? Plis iku opo to nduk?
(Mbok Menah bertanya pada anak-anaknya)

K.ABANG
Alaah…sudahlah mbok! Tidak ada gunanya menanggapi dia.

K.UNGU
Iya lagian rumah kita …khan sudah penuh dengan wanita mbok, kamarnya sudah pas !

MBOK MENAH
Sudah-sudah, jangan ribut! Si mbok tambah bingung nih. (menunju ke arah Klenting Kuning) Nduk Cah Ayu …Simbok ijinkan kamu tinggal di sini .Tapi kamu harus bantu-bantu disini ya?

K.KUNING
Wuah…! Terima kasih … terima kasih mbok! (sambil mencium tangan si mbok berkali-kali dan klenting yang lain meras risih)

MBOK MENAH
Iya…iya…iya…eh, tapi ngomong-ngomong siapa namamunduk?

K.KUNING
Saya nggak tahu ! (K. Kuning tampak bingung)

MBOK MENAH
Ya sudah…sudah …(tempo) mmm…karena pakaianmu kuning-kuning jadi kamu kuberi nama…Klenting Kuning.

PARA KLENTING YANG LAIN MERASA SEWOT, TETAPI KLENTING KUNING MERASA GEMBIRA.

MBOK MENAH
Nah kamu sekarang bergabubg dengan saudara-saudaramu.Ayo sana!

K.KUNING
Baik mbok……

MUSIK GENDING JAWA/CAMPUR SARI. MBOK MENAH DAN PARA KLENTING KUNING KELUAR PANGGUNG.

Adegan II

PANGGUNG KOSONG,KLENTING KUNING MASUK SAMBIL MENYAPU.

K.KUNING
Para penonton, saya sangaaaat bersyukur, karena saya sekarang mempunyai rumah,tetapi saudara-saudara saya itu tidak menjag kebersihan rumahnya alias jorok. Walaupun saya diperlakukan seperti pembantu, tidak apa-apa, asalkan tujuan saya untuk menemukan Kakang INU KERTAPATI tersampai.Tapi yang saya herankan penonton, kakak-kakak saya tingkah lakunya aneh-aneh.Pada saat saya membersihkan kamar mereka, say menemukan puntung rokok.Kemarin malam, saya menemukan botol-botol birdi kamar mereka,dan mereka sering pulang malam.Tetapi Mbok menah tidak tahu hal ini.Pasti ini akibat salah pergaulan.

TIBA-TIBA TERDENGAR MUSIK KERAS, PARA KLENTING MASUK PANGGUNG DENGAN CIRI KHAS MASING-MASING. ADA YANG MEROKOK, MEMBAWA BOTOL BIR SAMBIL BERJALAN SEMPOYONGAN.

K.ABANG
Heh, Klenting Kuning! Si Mbok mana? (berkata ketus)

K.KUNING
Ada di dalam…

K.ABANG
Ya…sudah!

PARA KLENTING KELUAR PANGGUNG DIIRINGI MUSIK KERAS. KLENTING KUNING MENERUSKAN MENYAPUNYA. KEMUDIAN MBOK MENAH DATANG MEMBANTU KLENTING KUNING. KEMUDIAN DATANGLAH SEORANG PENYIAR TV MEMBAWA PENGUMUMAN.

PY.TV
Pengumuman-pengumuman…….Barangnya siapa yang merasa perempuan dan memenuhi persyaratan,seorang pemuda dari dusun seberang mencari jodoh untuk dijadikan pendamping hidupnya.

MBOK MENAH
Wuah! Ini baru kabar gembira! (tempo) anak-anakku! Klenting Abang…Klenting Ijo…Klenting Ungu…Klenting Biru…! Ayo semuanya kesini!

PARA KLENTING MASUK PANGGUNG.

KOOR
Ada apa Mbok?

MBOK MENAH
Dengar Nduk…Cah Ayu! Baru saja disiarkan di TV lewat sekilat info,bahwa Si Ande-ande Lumuten,eh salah….Ande-ande Lumut yang gagah perkasa sedang mencari istri. Ini peluang untuk kalian! Ayo cepat! Kalian segera berangkat! Nanti pendaftarannya keburu tutup! Ayo cepat berangkat!

SEMUA KLENTING NAMPAK SANGAT GEMBIRA.

K.KUNING
Mbok,bagaimana dengan saya?

K.ABANG
Heh, kamu di rumah saja! Sama simbok!

K.IJO
Iya, lagian nggak level! Ande-ande lumut tidak akan menerima kamu, ngerti!

MBOK MENAH
Iya nduk…, Kamu di rumah saja, sama simbok.

KLENTING KUNING MENGGERUTU.

K.ABANG
Ya sudah mbok, kami berangkat ya!

K.UNGU
Mohon doa restu, Mbok!

MBOK MENAH
Ya sudah, sana berangkat!

PARA KLENTING KELUAR PANGGUNG DIIRINGI MUSIK KERAS.PANGGUNG KOSONG.

Adegan III

YUYU KANGKANG MASUK PANGGUNG SAMBIL BERJOGET-JOGET,DIIRINGI MUSIK CAMPUR SARI PERAHU LAYAR. DITENGAH DIA BERJOGET, TERJADI PANTATNYA TERJEPIT SUPITNYA SENDIRI.

YUYU K (logat madura)
Aduh… aduh…Oh…pantesan! Rupanya pantatku kejepit supitku sendiri. (tempo).Kemudian yuyu kangkang duduk di pinggir panggung sambil celingak-celinguk. Kok sepi ya, tumben, dari pagi sampai siang belum ada penglarais!

KEMUDIAN PARA KLENTING MASUK PANGGUNG.

K.ABANG
Wah…kok sepi, mana perahunya?

SEMUA KLENTING JADI RIBUT MENCARI PERAHU,TIBA-TIBA DATANG YUYU KANGKANG MENAWARKAN JASA.

YUYU K
Duh kanak…nona-nona yang cantik-cantik ini mau kemana ta iya?

K.IJO
Wah…kebetulan ada yuyu kangkang. (menuju ke arah yuyu kangkang) Yuyu kangkang yang baik dan cakep, tolong dong! Kami-kami ini disabrangkan ke desa sebrang, soalnya kami mau menemui Ande-ande Lumut.

YUYU K
Oh … Mau ke Desa Dadapan. Mau menemui Nde-Ande Lumuten ta iya? Boleh-boleh asalkan saya dibayar 1 juta tiap orang, bagaimana? (sambil berekpresi cuek)

K.ABANG
Wah,mahal sekali,kami tidak punya uang sebanyak itu.

YUYU K
Waah…kalau nggak mau ya sudah, tak tinggal pergi saja!

SEMUA KLENTING NAMPAK KEBINGUNGAN.

K.ABANG
Eh…eh!Tunggu dulu!(mendekati yuyu kangkang dan merayunya) Yuyu kangkang…kamu kan baik dan ganteng! Tolong dong …kami dibantu, sekali-kali gratis kan tidak apa-apa.

YUYU KANGKANG YANG SEMULA GR KARENA DIRAYU JADI KAGET DAN MARAH.

YUYU K
Apa?!! Gratis?!! Duh…aduh…jaman sekarang nggak ada yang gratis dek, sampeyan jangan seenaknya bilang begiti sama saya!

YUYU KANGKANG BEREKPRESI BERPIKIR , PARA KLENTING TERLIHAT BINGUNG DAN KECEWA.

YUYU K
Mmm…yak! Saya punya jalan keluarnya, dek.

KOOR
Bagaimana…bagaimana….???

YUYU K
Begini jalan keluarnya.(para klenting mendekati yuyu kangkang) setelah sampai di seberang … saya minta disun sama sampeyan semuanya. Bagaimana?

PARA KLENTING MERASA KAGET DAN BINGUNG KEMUDIN MEREKA MENGADAKAN RAPAT SINGKAT.

K.ABANG
Ya sudah, kami setuju. Pokoknya kami segera sampai disana!
YUYU K oke…oke.
TERDENGAR MUSIK CAMPUR SARI PERAHU LAYAR. YUYU KANGKANG DAN PARA KLENTING KELUAR PANGGUNG. YUYU KANGKANG MASUK PANGGUNG LAGI.

YUYU K
Wuah … ciumannya dasyat!

KEMUDIAN MASUK KLENTING KUNING DENGAN BINGUNG MENCARI PERAHU.KEMUDIAN YUYU KANGKANG LANGSUNG MENAWARKAN JASA.

YUYU K
Hei …! Nona cantik! Sampeyan pasti mau nyebrang ya? Sudah nggak ada perahu disini, semua perahu karam ke dasar laut! Bagaimana kalau saya sebrangkan? Tapi upahnya cium pipi kanan kiri, bagaimana?

KLENTING KUNING BINGUNG SEJENAK, KEMUDIAN MENYETUJUINYA.

K .KUNING
Baiklah saya setuju.

YUYU K
Oke…!Oke…!

TERDENGAR LAGU CAMPUR SARI PERAHU LAYAR, TETAPI SEBELUM SAMPAI DITUJUAN, KLENTING KUNING CEPAT-CEPAT MENGOLESI WAJAH DAN TANGANNYA DENGAN KOTORAN, SEHINGGA MEMBUAT YUYU KANGKANG MERASA RISIH.

YUYU K
Duh kanak bau apa ini? (menoleh kearah klenting kuninng) duh…aduh rupanya sampeyan yang bau. Sudah pergi sana! Pusing saya!

YUYU KANGKANG KELUAR PANGGUNG SAMBIL BERLARI.KLENTING KUNING TERTAWA CEKIKIKAN KEMUDIAN KE LUAR PANGGUNG JUGA.

Adegan IV

ANDE-ANDE LUMUT MASUK PANGGUNG BERSAMA MBOK RONDO DAN ASISTENNYA YANG MEMBAWA MAP DAN PENSIL BESAR.

A.LUMUT
Mbok … bagaimana ? Sudah berapa wanita yang mendaftarkan diri?

M.RONDO
Aduh…Le,simbok yo nggak tahu,tanyak saja sama asisten. Aku sudah bayar mahal-mahal, 1 semester Rp 1.500.000,- kok ngasih informasi nggak bisa.

ASISTEN
Mbok… jangan korupsi kenapa sih, bayaranku hanya Rp 100.000,- bilang Rp 1.500.000,-Biar dikira kuaya gitu ta.Masalah informasi lamaran …sampai hari ini, sudah ada 999 peserta juragan.

A.LUMUT
Wuah…cukup buanyak juga ya….Bagaimana dengan hari ini.

ASISTEN
Sampai detik ini , kita masih menunggu.

M.RONDO
Kowe iki wis kebelet tenan ta, sabar sedikit kenapa sih, kita tunggu sampai banyak gadis-gadis yang melamar.

TIBA-TIBA TERDENGAR MUSIK CAMPUR SARI, PENGIRING PARA KLENTING DATANG

KOOR
Kulonuwun… spada…

M.RONDO
Sana, Ten. Coba dilihat,mungkin…itu yang mau melamar.
Asisten Ya mari-mari silakan masuk pasti nona-nona cantik ini mau melamar juragan Ande-ande lumut.

K.ABANG
Benar sekali asisten, kami mau mendaftar.

ASISTEN
Boleh…boleh…tapi ada beberapa persyaratan , syaratnya apa mbok?

M.RONDO
Kamu ini gimana sih,Ten. Wong catatan sudah lengkap difoto copy dan diperkecil lagi,masa kamu lupa….waktu UAS kemaren kan kamu pakai untuk ngrepek.

ASISTEN
Oh ya mbok saya ingat ada di saku baju,eh… ngomong-ngomong masalah ngrepek kelas sebelah iku lho mbok, pernah ketahuan dosen Pak Nur Wachid,kan malu ya mbok ya…

M.RONDO
Eh…iku rahasia,sudah baca saja persyaratannya.

K.UNGU
Lho kok pakai persyaratan segala kayak ngelamar pekerjaan saja.

K.ABANG
Tuan asisten…anda jangan meragukan kami dong….Apa kami kuranbg cantik?

ASISTEN
Heh…! Jangan cerewet ya….! Kalau nggak mau pergi saja dari sini!

KOOR
Eh iya…iya…! Kami berjanji akan mematuhi semua persyaratannya!

SEMUA KLENTING RIBUT

ASISTEN
Eh … semuanya, dengarkan baik-baik ya..
Syarat 1
Harus cantik,dan lulus PPL I acc dari Pak Pri.
Syarat 2
Harus bersuara merdu alias bisa menyanyi dan nilai A
Syarat 3
Harus mengikuti test kesehatan, bisa lari 100 m tanpa bernapas dan nilai A dari Pak Mungit.
Syarat4
Bibir harus lengkap dan tidak sumbing,artikulasi harus jelas. Biar kalau diapa-apain bisa enak.
Gimana sudah jalas persyaratannya. Saya panggil peserta 1 klenting Abang….

SEMUA KLENTING MAJU SATU PER SATU DI TES OLEH MBOK RONDO DADAPAN.

ASISTEN
Saatnya Pengumuman!

SEMUA KLENTING – KLENTING RIBUT , MERASA DIRINYA YANG TERPILIH KEMUDIAN DATANG KLENTING KUNING DENGAN BERSAHAJA.

K.KUNING
Kulonuwun…spada…permisi…saya…mau mendaftarkan diri.

ASISTEN
Silakan…silakan…,tapi seperti peserta lain, nona harus memenuhi beberapa persyratan seperti peserta lain, persyaratannya sbb
Syarat 1
Harus cantik,dan lulus PPL I acc dari Pak Pri.
Syarat 2
Harus bersuara merdu alias bisa menyanyi dan nilai A
Syarat 3
Harus mengikuti test kesehatan, bisa lari 100 m tanpa bernapas dan nilai A dari Pak Mungit.
Syarat4
Bibir harus lengkap dan tidak sumbing,artikulasi harus jelas. Biar kalau diapa-apain bisa enak.
Mbok ini ada gadis yang mau melamar lagi, tapi ini lain mbok bau nya mak nyoss…Apa kamu siap.

KEMUDIAN MBOK RONDO MELAKUKAN TES TERHADAP KLENTING KUNING.

M.RONDO
Aduh bau apa ini, nduk lihat kakimu, mungkin kamu nginjak tahi kucing, eh ternyata baumu yang nggak enak.

KEMUDIAN MBOK RONDO , ASISTEN DAN ANDE-ANDE LUMUT RAPAT, GADIS MANA YANG AKAN DIPILIH ANDE-ANDE LUMUT.

ASISTEN
Saatnya pengumuman,berdasarkan hasil rapat segitiga antara saya,mbok rondo dan juragan ande-ande lumut, maka hasil keputusannya adalah…….

KLENTING ABANG
Dari hasil pengetesan, kamu terkena virus HIV.

KLENTING BIRU
Dari hasil pengetesan kamu sering merokok dan minum-miniman keras, akibat salh pergaulan.

KLENTING IJO
Dari hasil pengetesan , dan…sudah terlihat dari fisik kamu yang kurus dan paerutmu besar,kamu terkena penyakit cacingan.

KLENTING UNGU
Dari hasil pengetesan, kamu terkena anemia…. Dan terlihat dari wajahmu yang pucat.
Jadi kesimpulannya, semua tidak bisa menjaga kesehatan,jadi semuanya tidak bisa diterima dan pipinya terlihat bekas sun yuyu kangkang.
Klenting kuning… dari hasil pengetesan kamu bebas penyakit, jadi kamulah yang terpilih.

KLENTING KUNING LANGSUNG BERDIRI DISAMBUT OLEH ANDE-ANDE LUMUT.

A. LUMUT
Diajeng…akhirnya kau kutemukan.

TERDENGAR MUSIK GENDING JAWA


SELESAI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar